Sabtu, 22 Desember 2007

Art & Living Brief: Superior Memory


(Clip from YouTube)

Sering lupa kapan ulang tahun orang terdekat anda? Jangan takut, saya juga termasuk orang yang sering lupa :) Dan ngga jarang juga, significant others saya protes akan kelemahan daya ingat saya itu. Kalau menurut mereka, itu bukan saya yang tidak ingat... tapi karena saya tidak berniat untuk mengingat. Hehe... menurut anda?
Ayah saya adalah seorang intel. Lebih dari 20 tahun beliau berkarir dalam bidang intelijen. Hal yang menarik dari profesi ini adalah, anda harus mengingat kuat orang per orang yang anda temui. And amazingly, it works!! Saya sering sekali kagum bahwa ayah saya bisa dengan mudahnya mengingat nama kenalannya yang ditemui di tempat-tempat yang tak terduga: di kawinan, di pasar, di event khusus, dan lain sebagainya. Sedangkan saya? hehe... untuk yang kenal atau pernah kenal dengan saya, mohon maaf kalau saya kadang lupa nama orang yang saya temui... susah sekali bagi saya me-recall nama yang pernah saya tahu. Tapi tenang... paling tidak, saya ingat kok muka teman2 saya :)

Klip YouTube yang saya embed di posting saya kali ini adalah tentang Brad Williams. Siapa dia? dan apa yang membuatnya begitu spesial?
Kebalikan dari kekurangan saya dalam mengingat, Brad begitu hebat dalam mengingat. Di umur yang sudah 51 tahun ini saja, penyiar Radio di La Crosse, Wisconsin, Amerika ini dapat mengingat dengan detail apa yang dia lakukan lebih dari 40 tahun yang lalu, dan lengkap dengan tanggalnya. Tak hanya itu. Dia bisa dengan cepat--dalam hitungan 2 detik--mengingat suatu kejadian lokal, nasional atau internasional, lengkap dengan tanggalnya. Atau, dia juga bisa menjawab peristiwa apa yang terjadi pada suatu tanggal tertentu. Kepada teman-temannya dia sering berkelakar: Bila saya menikah, saya tidak akan lupa hari ulang tahun perkawinan saya... hehe jelas lah yaaaa :p

Bakat yang dimiliki Brad ini disebut dengan Hyperthymesia atau superior memory. Ngga banyak orang yang memiliki bakat ini... tapi tidak berarti sedikit pula. Bersama Brad juga ada seorang wanita berinisial "AJ" yang sedang diteliti oleh tim dari University of California-Irvine, US. Bayangkan bila semua orang memiliki "otak database komputer" seperti Brad, mungkin buku sejarah tidak akan selaku saat ini. Tapi yang terpenting adalah dengan ditemukannya kemampuan khusus dalam mengingat seperti ini menggugah para peneliti untuk melakukan riset terhadap fenomena ini dalam mencari jalan keluar atau obat bagi penyakit yang bermasalah dengan daya ingat, seperti penyakit pikun ataupun Alzheimer. Salah seorang peneliti di MIT bahkan telah berhasil menemukan obat untuk membangkitkan kembali synapses pada syaraf pengingat di otak tikus, sehingga memori yang hilang dapat kembali.

Sebenarnya kita tidak perlu terlalu berbakat seperti Brad atau minum obat yang ditemukan MIT itu agar bisa mengingat momen-momen penting dalam hidup. Melatih otak untuk mengingat seperti yang dilakukan para agen intelijen atau berlatih untuk berkonsentrasi juga sudah merupakan obat "natural" untuk memperbaiki kinerja otak kita.

Dan saya yakin, saya termasuk yang harus banyak berlatih biar ngga diprotes lagi oleh teman-teman saya :) Bagaimana dengan anda? Apakah anda punya ide "mind gym" yang efektif untuk membangkitkan daya ingat? Please share...

Have a nice day!
btw, selamat liburan idul adha dan natal, ya

cheers,
Dony

1 komentar:

Unknown mengatakan...

beneran nyadar nih ya

bagus,,bagus,,=))

kya tunggu hasil akhirnya aja ya=)

btw belum masuk tuh invitenya di facebook,,=0