Sabtu, 23 Februari 2008

Technology Brief: BlackBerry 8300 firmware update 4.3.1


Baru-baru ini saya mendapatkan firmware update terbaru dari RIM: version 4.3.1. Tertarik, saya install firmware ini di BlackBerry 8300... dan amazing! sekarang saya bisa merekam video menggunakan handset BlackBerry saya :)

Tidak cuma itu, firmware update yang satu ini juga menambahkan fitur voice recorder dan equalizer pada music player. Music playernya pun menggunakan skin yang baru, yang memudahkan navigasi.

Tampilan... itulah perubahan yang paling significant dari firmware 4.3.1. Jika kita membuka body email, begitu banyak perubahan yang dilakukan RIM agar tampilan menjadi menarik: font yang dipakai, posisi komponen email, dan size dari item-item yang berbeda. Sedangkan dari segi functonality, bisa dibilang tidak banyak perubahan. Mungkin karena versi ini rencananya akan dibundling dengan Data Viz "Office To Go" dengan brand firmware version 4.5. Theme Dimension L sebagai theme baru juga digelar disini. Perbedaan theme Dimension L dengan Dimension yang lain adalah pada shortcutnya. Jika kita memakai theme Dimension Zen, maka shortcut hanya pada vertikal dan memuat 4 ikon aplikasi saja. Dengan Dimension L, kita memiliki tambahan baris horisontal sehingga menambah 4 ikon lagi.

Lalu, ada menu Wireless Update. Fitur canggih ini bisa membuat hidup kita lebih mudah untuk mengupdate software via wireless network... tentunya setelah BES kita diupgrade yah :)

Browser juga dibuat lebih menawan, dengan kembali menggunakan 2 browser untuk membedakan antara MDS Intranet dengan Internet browser--just like the old days!! :) Tentunya jika anda masih ingat handset-handset tipe 6xxx dan 7xxx. Layoutnya lebih catchy, dengan mengutamakan design yang lebih user-friendly. Selebihnya, no much difference...

Kita tunggu saja versi final dari 4.3.1., karena yang saat ini masih memiliki banyak bugs--namanya juga Test Version. Saya yakin, fitur2 tambahannya bisa membuat kita lebih giat menggunakan BlackBerry. Dari Autis... ke Autis akut! hehehe

Selamat menunggu, kawan2...

cheers,
Dony

5 komentar:

Ageng mengatakan...

Boleh ngga dicoba firmwarenya? bisa dikirim japri?

Apakah bisa send file via bluetooth dgn firmware baru tsb?

Thanks

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Servidor, I hope you enjoy. The address is http://servidor-brasil.blogspot.com. A hug.

Dony Yuliardi mengatakan...

Pak Ageng, sekarang sudah keluar yang 4.5. filenya sangat besar. tunggu saja tanggal mainnya :)

Hi Servidores,

thanks for the compliment. i'll write in English for your blog on the last article.

cheers,
Dony

ahmadfirnaz mengatakan...

salam kenal,

saya pengguna blacberry curve 8300, saya tertarik membaca tulisan anda ttg video recording melalui BB anda, karena di BB saya ngga ada fasilitas tsb.

saya mau tanya gimana caranya supaya saya bisa mendapatkan aplikasi agar terdapat fasilitas video recording di BB 8300 saya.

saya tunggu solusinya ya..please e mail ke ahmadfirnas@gmail.com. trims bgt

ahmadfirnaz mengatakan...

salam kenal,

saya pengguna blacberry curve 8300, saya tertarik membaca tulisan anda ttg video recording melalui BB anda, karena di BB saya ngga ada fasilitas tsb.

saya mau tanya gimana caranya supaya saya bisa mendapatkan aplikasi agar terdapat fasilitas video recording di BB 8300 saya.

saya tunggu solusinya ya..please e mail ke ahmadfirnas@gmail.com. trims bgt